Header Ads

Penanganan problem pada tanaman hias Puring

Gangguan pada puring

        Puring termasuk tanaman yang mudah hidup. Namun begitu gangguan terhadap tanaman ini tetap saja bisa terjadi.Gangguan pada puring bisa disebabkan oleh kondisi lingkungan, hama ataupun penyakit.Apapun problemnya,penanganan segera perlu dilakukan agar tanaman tidak tambah merana atau bahkan mati.

Gangguan Fisik
Problem yang sering muncul pada puring karena lingkungan adalah sebagai berikut.

Gejala
Penyebab dan Penanganan
Warna daun hanya hijau,
 warna yang lain tidak muncul
Penyebabnya adalah kekurangan intensitas cahaya.
Penanganan :
Pindahkan tanaman kelokasi yang cahayanya cukup.
Ada bagian coklat seperti terbakar pada daun, tetapi tanaman tampak sehat
( tidak ada tanda layu )
Biasanya Karena baru saja dilakukan penanaman ulang,
Penanganannya :
 Pindahkan tanaman kelokasi yang intensitas cahayanya lebih rendah. Daun yang rusak dipotong saja. Setelah beberapa hari kemudian, tanaman bias dipindahkan kelokasi yang intensitas cahayannya lebih banyak.
Daun menguning, layu, dan rontok
Mungkin Karena air yang berlebihan pada pot. Media tanam perlu diganti dan perlu upaya untuk membuat media agar bersifat porous ( mudah meniriskan air ) kalo perlu buat lubang disamping pot. Bias juga karna kekurangan air.
Ukuran daun kecil
Mungkin disebabkan Karena
-kurangnya pupuk,
-media kurang basah,
-campuran media terlalu padat
Cek media tanam kalua media masih gembur, cobalah lakukan pemupukan.


Gangguan Hama

         Gangguan hama yang acapkali menyerang adalah kutu putih, ( mealy bugs), kutu sisik, laba laba, dan ulat. kutu putih berbentuk seperti kapas yang melekat pada batang atau balik daun. Hewan ini menyerap cairan pada daun menjadi cacat. Kehadirannya biasanya berpasangan dengan semut. kutu sisik ( berbentuk garis tipis dan pendek ) sering hinggap didaun, yang menyebabkan daun jadi belang-belang, Trips adalah sejenis kutu berukuran kecil. Hewan ini sering berada dibalik daun dan menyebabkan daun menimbulkan bercak bercak atau mengeriting. Laba-laba kecil juga menyerang puring dari balik daun membuat daun bercak-bercak kemudian menguning.Ulat daun memakan daun-daun puring.   


Bila puring terkena serangan kutu putih, bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan campuran air dan sedikit deterjen, namun jika daun telah cacat petik saja daunnya. Karena penyemprotan menggunakan insektisida secara langsung kurang efektif mengingat hewan ini dilingkupi oleh pelindung berlilin.

      Sekiranya daun puring terkena serangan kutu sisik dalam jumlah banyak, segera musnahkan daunnya. Kutu ini bila telah mencapai bagian batang dapat menyebabkan kematian pada tanaman. Jika kutu sisik masih sedikit, kutu dapat dihilangkan dengan melepaskannya menggunakan kuku tangan.

     Pencegahan terhadap serangan hama dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida ( misalnya Desis atau Curacon ) untuk pupuk daun gunakan Antracol dapat di beli di penjual-penjual tanaman hias, 

Itulah beberapa tips mengenai peroblem pada tanaman hias puring semoga bermanfaat..
Sumber : Buku Serial Eksotika Puring Abdul Kadir


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.