Header Ads

5 Tanaman Hias Pengusir nyamuk

5 Tanaman Hias Berbunga Cantik Pengusir Nyamuk

1. Lavender

Tanaman yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda, karena Tanaman hias pengusir nyamuk ini memang sudah banyak tampil dalam iklan lotion anti nyamuk di televisi. Maka dari itu tidak heran jika bunga Lavender selalu diidentikan dengan bunga pengusir nyamuk.

Bunga lavender sendiri berasal dari kawasan pegunungan Alpen di Swiss. Bunga ini memiliki kandungan linalool dan lynalyl acetate yang aromanya sangat tidak disukai oleh nyamuk. Konon gerombolan nyamuk akan langsung pergi ketika mencium aromanya karena merasa pusing.

Menurut kami Bunga ini biasanya dijadikan sebagai lotion anti nyamuk dengan cara menyulingnya terlebih dahulu. Namun Anda juga dapat menggunakannya secara langsung dengan cara menggosokkan bunganya ke area kulit yang terbuka. Cara ini sangat cocok dilakukan ketika Anda akan bepergian.

Sedangkan untuk mengusir nyamuk yang ada di sekitar rumah, maka Anda cukup menanamnya di dalam sebuah pot saja. Selain aromanya yang wangi, warna bunganya yang cantik juga dapat memperindah tampilan pekarangan rumah Anda.

2. Geranium

Tanaman untuk mengusir nyamuk yang selanjutnya adalah Geranium. Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini juga dikenal dengan nama Tapak Dara. Tanaman ini dipercaya mampu mengusir nyamuk berkat kandungan zat geraniol dan sitronelol.

Jasa Tukang Taman Lamongan Tanaman hias pengusir nyamuk

Kedua zat tersebut dapat dengan mudah terbawa angin sehingga membuat semerbak wilayah sekitarnya. Geranium juga merupakan salah tanaman pengusir nyamuk indoor karena aromanya dapat memenuhi ruangan dengan cepat. Namun ingat, tempatkan bunga ini di dekat jendela atau di tempat yang mudah terkena angin agar aromanya dapat menyebar dengan cepat.

3. Rosemary

Rosemary merupakan bunga yang memiliki aroma seperti minyaktelon atau minyak kayu putih. Seperti kita ketahui, kedua minyak tersebut sering dioleskan pada bayi karena aromanya dapat mencegah gigitan nyamuk. Nah dengan aroma yang sama tersebut, maka bunga Rosemary juga ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk.

Jasa Tukang Taman Lamongan Tanaman hias pengusir nyamuk

Menurut kami bunga Rosemary ini dapat ditanam langsung di tanah ataupun di pot. Namun pastikan agar selalu mendapatkan cahaya matahari serta air yang cukup agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik.

Selain bunganya, Anda juga dapat menggosokkan daunnya ke kulit agar terhindar dari gigitan nyamuk ketika pergi keluar rumah.

4. Zodia

Zodia banyak digunakan oleh orang Papua dan tidak asing lagi bagi mereka, karena orang Papua biasanya mengambil daun Zodia dan menggosokannya ke tubuh mereka sebelum berburu ke dalam hutan. Aroma yang berasal dari daun Zodia ini terbukti dapat melindungi mereka dari gigitan serangga dan nyamuk.

Jasa Tukang Taman Lamongan Tanaman hias pengusir nyamuk
Zodia sendiri merupakan daun pengusir nyamuk yang memiliki kandungan Evodiamine dan Rutaecarpine. Keduanya merupakan zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk dan serangga. Selain digosokkan ke kulit, tanaman asli Indonesia ini juga dapat ditanam di dalam pot agar aromanya dapat terbawa oleh hembusan angin.

5. Citrosa Mosquito

Dari namanya saja kita sudah dapat menebak jika tumbuhan ini ada sangkut pautnya dengan nyamuk. Ya, Citrosa Mosquito merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik karena mampu mengeluarkan aroma lemon yang sangat kuat. Selain nyamuk, berbagai macam serangga juga tidak suka dengan aroma yang dikeluarkannya tersebut.

Jasa Tukang Taman Lamongan Tanaman hias pengusir nyamuk

Oitrosa Mosquito sendiri berasal dari negara Belanda. Cara menanam tumbuhan ini juga cukup mudah, yakni hanya dengan menyiram dan memberinya sinar matahari secara teratur. Sayangnya tumbuhan ini masihjarang di Indonesia karena harus diimpordari negara asalnya tersebut.

Terima kasih sudah menyempatkan waktu anda untuk membaca postingan tentang 5 Tanaman Hias Berbunga Cantik Pengusir Nyamuk
Seoga bermanfaat.

Sumber : Lamongansari.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.